Online User

Kami memiliki 5 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday299
mod_vvisit_counterYesterday286
mod_vvisit_counterThis week585
mod_vvisit_counterThis month4234
mod_vvisit_counterAll242850
Ketua Tim Penggerak PKK Tinjau UP2K Desa Kedungagung PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Jumat, 17 September 2021 10:22

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo Hj. Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, S.E., melakukan peninjauan produk UP2K yang dikelola PKK desa, di Balai Desa Kedungagung Butuh pada hari Rabu tanggal 16 September 2021. Peninjauan dilakukan dalam rangka penilaian lomba UP2K yang masuk dalam nominasi 6 besar. Kunjungan Fatimah yang didampingi sejumlah pengurus Pokja II PKK kabupaten tersebut, diterima camat Butuh Iqbal Nugroho SSTP MIP, Kepala desa Kedungagung Basuki, Ketua TP PKK kecamatan dan PKK desa.

Fatimah mengatakan, penilaian ini untuk melihat secara langsung kegiatan UP2K desa. Dari 6 desa yakni Desa Kedungagung Butuh, Bandungrejo Bayan, Aglik Grabag,Sekartejo Pituruh, Legetan Bener, dan desa Bubutan Kecamatan Purwodadi. Dari ke enam nominasi salah satunya akan mewakili lomba UP2K tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

“Saya berharap tidak hanya sekedar untuk lomba saja, namun lebih dari itu UP2K dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan keluarga. Termasuk agar pelaku UP2K dapat berinovasi dengan memanfaatkan bahan baku local yang ada disekitar. Yang lebih penting PKK bersinergi dengan pemerintah desa,” tutur Fatimah.

Sementara itu Ketua TP PKK Desa Kedungagung Irawati Basuki menjelaskan, lomba ini sangat memotivasi untuk bisa lebih meningkatkan kegiatan UP2K desa. Berbagai produk UP2K telah dihasilkan anggota PKK seperti pemanfatan ban bekas yang diolah menjadi kursi dan pot bunga, tas plastic menjadi bunga, juga produk aneka sriping makanan ringan serta batik.

“Kami berharap dukungan dari semua pihak untuk kemajuan UP2K Desa Kedungagung terutama produk-produk UP2K maupun home industri, yang kedepannya bisa meningkatkan omset pemasaran dan juga memperkenalkan ke wilayah lain,” ujar Irawati.

Ketua TP PKK Kecamatan Butuh Gelis Utami mengatakan, Desa Kedungagung bisa masuk nominasi 6 besar mewakili Kecamatan Butuh, tentu karena jerih payah dari para penggerak PKK. Pasalnya modal yang tadinya hanya 10 juta bertambah menjadi 21 juta berkat UP2K ini. Pemanfaatkan bahan baku local, dan dukungan Ketua PKK Desa juga sangat memotivasi, sehingga bisa berkembang.

“PKK desa juga bekerja sama dengan UMKM, sehingga UP2K berhasil memasarkan produknya sampai ke luar kota. Penjualan produk-produk tersebut menjadi tambahan bagi anggota UP2K di Kedungagung,” tambahnya.

Dalam peninjauan tersebut, juga ditampilkan hasil-hasil produk UP2K dan home industry Desa Kedungagung.

Terakhir diperbarui pada Jumat, 17 September 2021 10:33
 

Berita Pilihan

GSK88 Gelar Musik Akustik Perdana

Komunitas anak-anak muda yang mengatasnamakan dirinya Gema Sudra Kutoarjo (GSK) 88 menggelar kegiatan acoustic for charity di sisi selatan Alun-alun Kutoarjo, Minggu pagi, 13 Februari 2022. Event tersebut merupakan agenda perdana dari pagelaran musik akustik yang rencananya akan digelar rutin setiap minggunya. Inisiator GSK 88, Eko Januar Susanto mengungkapkan, ide kegiatan tersebut bermula dari masukan teman-teman pemusik yang memiliki keresahan yang sama terkait krisis panggung apresiasi di Kabupaten Purworejo. "Dari hasil dialog dengan mereka itulah, panggung menjadi sebuah kebutuhan bagi anak-anak muda khususnya para pemusik," jelasnya.

 

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast