Online User

Kami memiliki 8 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday24
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week1531
mod_vvisit_counterThis month8602
mod_vvisit_counterAll237515
Kementerian Pertanian Bantu Ribuan Liter Pupuk Hayati Cair PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Rabu, 08 September 2021 08:48

Kementerian Pertanian memberikan bantuan pupuk hayati (organik) cair kepada petani Purworejo. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Purworejo R.H. Agus Bastian, S.E., M.M. di Kantor Desa Kunir Kecamatan Butuh pada hari Selasa tanggal 7 September 2021. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas PPKP Wasit Diono SSos, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama, S.S.T.P, M.M., Camat Butuh Iqbal Nugroho, S.S.T.P., M.I.P. beserta Forkopimcam, kades dari 11 desa, PPL Pertanian dan para penerima bantuan. Dikatakan Bupati, peningkatan produksi dan produktivitas pangan akan tercapai apabila prasarana dan sarana pertanian yang digunakan cukup memadai, efisien dan didukung oleh kemampuan sumber daya manusia yang terampil, berkemauan keras, serta memahami teknologi informasi.

“Kabupaten Purworejo merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan produksi dan produktivitas pangan", katanya.

Dijelaskan, Guna mewujudkan Visi Purworejo Berdaya Saing 2025 atau Panca Daya Saing, salah satu misinya adalah Meningkatkan Daya Saing Sektor Pertanian dalam arti luas. Berbagai upaya dilakukan unt.uk meningkatkan kualitas produk pertanian dan produktivitas pertanian, seperti modernisasi alat-alat pertanian dan memberikan subsidi pupuk kepada petani.

Lebih lanjut disampaikan Agus Bastian, penggunaan pupuk kimia (anorganik) yang terus menerus akan menyebabkan degradasi mutu lahan.  Menyikapi terjadinya degradasi mutu lahan pertanian tersebut salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan penggunaan pupuk hayati (organik).

“Sebab selain menyediakan hara tanaman, pupuk hayati hayati juga dapat memperbaiki struktur tanah, memperkuat daya ikat agregat (zat hara) tanah, meningkatkan daya tahan dan daya serap air, serta memperbaiki drainase dan pori-pori dalam tanah,” ungkapnya.

Terkait dengan hal itu, Kementerian Pertanian memberikan kepercayaan kepada beberapa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Purworejo untuk menerima Kegiatan Penyediaan Saprodi Mendukung Indeks Pertanaman.

"Jumlah bantuan pupuk hayati  cair yang disalurkan Pemerintah ke petani melalui Gapoktan di Kabupaten Purworejo Tahun 2021 adalah 52.965 Liter untuk luas lahan 10.593 Hektar, bagi 140 Gapoktan di 140 Desa/Kelurahan di 14 kecamatan," jelasnya.

Terakhir diperbarui pada Rabu, 08 September 2021 10:01
 

Berita Pilihan

Pegawai Antusias Ikuti Vaksin Booster

Ratusan Pegawai ASN dan non ASN dari empat Perangkat Daerah yang berkantor di kompleks Kantor Bupati Purworejo mengikuti vaksinasi booster atau vaksin dosis 3, di Kantor Setda Purworejo, Kamis (20/1). Mereka mendapatkan vaksin secara bergiliran sejak pukul 08.00 sampai selesai.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast