Online User

Kami memiliki 150 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday277
mod_vvisit_counterYesterday359
mod_vvisit_counterThis week1372
mod_vvisit_counterThis month8443
mod_vvisit_counterAll237356
Polsa Launching yodotuku.com Untuk Pemasaran UMKM PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Jumat, 20 Agustus 2021 10:36

Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) melakukan launching yodotuku.com sebagai platform pemasaran digital bagi produk-produk UMKM Kabupaten Purworejo. Acara yang digelar di Auditorium Polsa Kutoarjo, pada Kamis tanggal 19 Agustus itu, dihadiri antara lain Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Boedhi Hardjono, Kepala Dinas KUKMP Drs. Bambang Susilo, Direktur serta pimpinan Politeknik Sawunggalih Aji, serta para perwakilan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Drs. Boedhi Hardjono yang hadir mewakili Bupati Purworejo menyampaikan apresiasi Pemerintah Kabupaten Purworejo kepada Polsa yang telah melahirkan yodotuku.com, serta mengucapkan selamat kepada UMKM yang memperoleh sertifikasi halal. “Mudah-mudahan keduanya akan semakin mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Purworejo,” harapnya.

 

Dikatakan bahwa pelaku UMKM memiliki posisi strategis dalam menumbuh kembangkan ekonomi di tengah-tengah pandemi Covid-19.  “UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak, namun dari sisi positifnya terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta meningkatnya keterlibatan UMKM dalam pasar digital,” terangnya

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang dibarengi dengan berbagai pembatasan sosial, ternyata mempercepat perubahan pola usaha dari berjualan "offline" atau luar jaringan (luring) menjadi berjualan "online" atau dalam jaringan (daring). Pola  penjualan "online" merupakan cara UMKM untuk bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Purworejo  telah melakukan sisi pemberdayaan dan pembinaan mendampingi para pelaku UMKM. Pemerintah juga terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan efektivitas dalam penanganan Covid-19 agar dapat terus mendorong terjadinya perbaikan akitivitas ekonomi. “Namun karena keterbatasan sumber daya yang ada di pemerintahan, sangat dibutuhkan kolaborasi bersama perguruan tinggi dengan menerjunkan mahasiswanya untuk membina secara langsung ke pelaku usaha khususnya di bidang digitalisasi usaha,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga ditegaskan mengenai tugas mahasiswa adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat, yang salah satu wujudnya adalah memberikan ilmu kewirausahaan, bukan hanya berupa teori namun juga dalam pengaplikasiannya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapat pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu melangkah ke depan serta tidak takut bersaing. Dengan demikian, jiwa kewirausahaan yang dipupuk dari bangku kuliah dapat mendorong kemandirian serta dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Dengan semangat kolaborasi dan memanfaatkan potensi mahasiswa yang begitu besar, saya optimis perekonomian kita akan kembali bangkit,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan sertifikasi halal fasilitasi Pemerintah Kabupaten Purworejo yang bekerjasama dengan Dinas KUKM Propinsi Jawa Tengah sebanyak 16 Sertifikasi Halal. Sebelumnya juga telah diserahkan sebanyak 21 sertifikasi halal fasilitasi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo.

Terakhir diperbarui pada Jumat, 20 Agustus 2021 10:45
 

Berita Pilihan

Lantik 278 Pejabat, Bupati Tegaskan Tak Ada Jual Beli Jabatan

Bupati Purworejo R.H. Agus Bastian, S.E., M.M. melantik dan mengambil sumpah/janji 262 pejabat Administrasi dan mengukuhkan 16 Kepala Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo pada hari Kamis, (16/09/2021). Acara yang dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, para Asisten Sekda serta pejabat terkait lainya.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast