Online User

Kami memiliki 16 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday305
mod_vvisit_counterYesterday359
mod_vvisit_counterThis week1400
mod_vvisit_counterThis month8471
mod_vvisit_counterAll237384
Rapat Pembahasan Komitmen Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Kamis, 12 Agustus 2021 14:56

Inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung sebagaimana tercantum pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (RIPP) merupakan salah satu cara untuk mempercepat peningkatan inovasi. Replikasi inovasi pelayanan publik adalah transfer pengetahuan dalam implementasi gagasan atau ide baru dari praktik inovasi pelayanan publik, baik sebagian maupun secara keseluruhan. Melalui replikasi, penyelenggara pelayanan publik dapat menerapkan inovasi-inovasi terbaik. Replikasi bukan hanya sekedar meniru inovasi yang sudah ada, tetapi lebih kepada menambahkan ide-ide baru sebagai bagian dari proses inovasi

 

Menindaklanjuti pertemuan koordinasi lintas sektoral dan identifikasi kebutuhan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (RIPP) pada Provinsi Jawa Tengah, Bagian Organisasi dan Aparatur Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Rapat Pembahasan Komitmen Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2021. Rapat yang diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021 di Ruang Rapat Bagian Organisasi dan Aparatur ini dihadiri oleh BAPPEDA, BPPKAD, Dindikpora dan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan Dan Pelayanan Publik Bagian Organisasi dan Aparatur Sekretariat Daerah Bambang Surtianto, S.Si, M.Acc.

Pada rapat tersebut diperoleh komitmen bersama pelaksanaan RIPP dan pengisian matriks inventarisir masalah/kesenjangan (gap) pelayanan publik. Terkait hal tersebut, dilaksanakan tindak lanjut berupa identifikasi dan penetapan inovasi untuk menutupi gap pelayanan publik pada provinsi/kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah.

Dijelaskan oleh Bambang Surtianto, pada rapat ini telah diidentifikasi replikasi pelayanan publik.   “Pertama adalah inovasi Jogja Belajar dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, unit pelayanan publik yang mereplikasi adalah Dindikpora. Yang kedua adalah inovasi Gerakan Kembali Bersekolah Atasi Anak Tidak Sekolah dari Kabupaten Brebes, juga direplikasi oleh Dindikpora,”jelasnya.

Bagian Organisasi dan Aparatur akan memantau dan mendampingi Perangkat Daerah yang telah mendaftarkan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik dan terus memotivasi perangkat daerah untuk menghasilkan Inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Data komitmen replikasi akan dikirimkan ke Provinsi Jawa Tengah.

 

Terakhir diperbarui pada Kamis, 12 Agustus 2021 15:34
 

Berita Pilihan

Kantor Kecamatan Bruno Diresmikan

Wakil bupati Hj Yuli hastuti SH meresmikan Gedung kantor Kecamatan Bruno. Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan peninjauan ruangan kerja, berlangsung hari ini Minggu (20/9) di Kecamatan Bruno. Turut mendampingi sejumlah Kepala Dinas OPD terkait, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP MM, Camat Bruno Netra Asmara Sakti SSos MT, ulama, dan sejumlah kepala desa.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast