Online User

Kami memiliki 5 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday80
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week1587
mod_vvisit_counterThis month8658
mod_vvisit_counterAll237571
Pengetan Jumenengan Hari Jadi Kabupaten Purworejo PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Selasa, 02 Maret 2021 10:42

Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Purworejo ke-190 ditandai dengan pergelaran Pengetan Jumenengan pada Sabtu (27/02/2021) malam, di Pendopo Agung Kabupaten Purworejo. R.H. Agus Bastian, S.E., M.M. dan Hj. Yuli Hastuti S.H. yang baru saja dilantik pada hari sebelumnya langsung mengikuti prosesi tersebut.

 

Dalam setiap Pengetan Jumenengan selalu ditampilkan dua pagelaran utama, yakni Beksan Kidung Cakra dan Beksan Cakra Tunggal. Beksan Kidung Cakra  merupakan tarian yang ditampilkan khusus pada Pengetan Jumenengan Bupati pertama Purworejo R.A.A. Tjokronegoro I.
Sedangkan Beksan Cakra Tunggal merupakan sebuah karya yang terinspirasi dari tokoh Bupati R.A.A. Tjokronegoro I. Seluruh seniman yang dibagi kedalam pemusik dan penari tetap menggunakan masker guna menjalankan protokol kesehatan (prokes). Tamu yang hadirpun dibatasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Pengeten Jumenengan dilaksanakan secara terbatas, namun disiarkan secara live streaming dari cannel youtube Romansa Purworejo Indonesia. Setelah ini, akan ada kegiatan parade budaya yang akan diselenggarakan secara visual dan akan ditayangkan mulai tanggal 1-4 Maret.
Bupati R.H. Agus Bastian, S.E., M.M. pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-bersama membangun Purworejo, demi mewujudkan Purworejo berdaya saing 2025.
“Sudah banyak hasil yang bagus, namun masih perlu dipercepat dan ditingkatkan lagi. Apabila ada keinginan yang belum tercapai, mari kita perbaiki bersama-sama,” ajak Bupati.

 

Terakhir diperbarui pada Selasa, 02 Maret 2021 10:58
 

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast