Online User

Kami memiliki 12 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday118
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week1625
mod_vvisit_counterThis month8696
mod_vvisit_counterAll237609
OPD Agar Berperan Dukung Baznas PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Selasa, 16 Februari 2021 10:18

Jumlah perolehan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) Kabupaten Purworejo tergolong kecil dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Oleh karena itu, seluruh Perangkat Daerag maupun BUMN/BUMD di Kabupaten Purworejo diminta untuk berpartisipasi aktif untuk meningkatkan perolehan ZIS yang dikelola oleh BAZNAS.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM pada Rakor dan Laporan Ahhir Tahun 2020 BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Purworejo, di salah satu rumah makan di Purworejo, Selasa (16/02/2021). Rakor dihadiri oleh Pengurus BAZNAS Kabupaten Purworejo, Kepala Perangkat Daerah dan UPZ di masing-masing Perangkat Daerah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa berbagai bantuan telah diberikan Pemerintah untuk kaum duafa, seperti bantuan rumah layak huni dan sebagainya. “Sebetulnya itu memang tugas pemerintah, namun peran dari BAZNAS akan sangat membantu dalam mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Dikatakan bahwa pengelolaan zakat sudah diatur dengan baik melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang pengelolaan Zakat, serta Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan  Badan Usaha Milik Daerah.

“Dasar hukum sudah sangat kuat, tinggal bagaimana kemampuan BAZNAS dalam mengelola zakat secara profesional dan bertanggungjawab, serta dukungan dari semua pihak terkait dan peran serta masyarakat muslim,” katanya.

 

Berita Pilihan

Purworejo Peringkat Satu Kabupaten Peduli HAM Tingkat Jateng

Pemerintah Kabupaten Purworejo meraih penghargaan sebagai peringkat pertama Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan nilai sempurna yaitu 100. Penghargaan diserahkan Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol Purn Nana Sudjana kepada Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH di Gedung Gradika Bhakti Praja Jalan Pahlawan Nomor 9 Semarang pada hari Kamis (28/12/2023).

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast