Online User

Kami memiliki 12 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday172
mod_vvisit_counterYesterday359
mod_vvisit_counterThis week1267
mod_vvisit_counterThis month8338
mod_vvisit_counterAll237251
Sejumlah Desa Terima Sertifikat ODF PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Kamis, 14 Januari 2021 10:24

Pemerintah Kabupaten Purworejo terus berupaya meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Salah satunya mendorong desa kelurahan untuk mendapatkan sertifikat Open Defecation Free (ODF) atau  Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Tercatat 36 desa kelurahan tahun 2020 mendapatkan sertifikat ODF yang hari ini Rabu (13/1) diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, di Aula lantai II Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Yuli Hastuti didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM, Sekdin Ekaningtyas Darmi Astuti Skep NS MM, dan Kasi penyehatan lingkungan Sigit Budi Purwatmoko SKM MKes.

Yuli Hastuti dalam sambuatannya mengatakan,  dalam rangka memperkuat budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan, Kementrian Kesehatan telah mengembangkan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014.

Dikatakan, STBM sebagai upaya pendekatan untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Strategi Nasional STBM diharapkan dapat menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan seperti diare, ISPA, leptosipirosis, stunting, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

“Saya sangat apresiasi kepada Pak Kepala desa dan kepala Kelurahan, tokoh masyarakat dan semua komponen sehingga dapat mencapai desa ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Semoga desa-desa lain bisa segera menyusul sehingga Purworejo bisa terwujud sebagai Kabupaten ODF,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Kadinkes dr Sudarmi mengatakan, jumlah desa ODF di Kabupaten Purworejo sampai dengan tahun 2020 sebanyak 217 desa (43,93 persen). Untuk targetnya tahun 2022 Propinsi Jawa Tengah ODF dan Kabupaten ODF. Ada 5 tujuan yang ingin dicapai dalam STBM, yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai sabun (CTPS), Pengelolaan air minum dan makanan yang aman, Pengelolaan sampah dengan benar, dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga yang aman.

Sigit Budi Purwatmoko menjelaskan, untuk memperoleh sertifikat ODF yakni desa kelurahan mengajukan dengan menyertakan data STBM. Kemudian Dinas Kesehatan akan melakukan cek and ricek dan memferifikasi. Tidak serta merta desa kelurahan yang mengajukan, akan langusng mendapatkan sertifikat ODF.

“Tetapi melalui pencocokan data dilapangan. Untuk tahun 2020 ini ada dua desa yang kita tunda sertifikat ODF, karena belum memenuhi syarat. Desa diminta untuk memperbaiki terutama STBM dengan dibina dan dimonitor Puskesmas. Perlu dipahami bahwa buang air besar sembarangan tidak hanya disungai atau dipapringan tapi yang langsung dikolam juga termasuk sembarangan,” jelasnya.

Menurutnya, sertifikat ODF berlaku selamanya sepanjang tidak berubah kondisi. Makanya desa kelurahan agar mempertahankan kondisi yang STBM. Diharapkan bisa dibuat Perdes atau SK Kades Kalur. Contoh peraturan tentang membangun rumah harus sekaligus ada jamban sehat dan supaya memenuhi STBM. “Sudah ada desa yang membuat Perdes dan bisa berjalan baik,” ujar Sigit.

Salah satu penerima sertifikat ODF Kepala Kelurahan Bandung Prayogo SIP MM mengaku terus berupaya memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya peningkatan kualitas Kesehatan terutama sanitasi dan lainnya. Apalagi dulu banyak yang buang air besar sembarangan karna geografis bandung mayoritas tinggal dekat bantaran kali jali. “Dengan upaya kami pemerintah kelurahan Bandung yang bermitra dengan Puskesmas, alhamdulillah bisa berhasil memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga Bandung  mendapatkan sertifikat ODF,” papar Yogo.

 

Berita Pilihan

Vakum Beberapa Pekan, BMW Kembali Digelar

Kegiatan Bupati Menyapa Warga (BMW) yang sempat berhenti selama beberapa pekan, kembali dilaksanakan pada hari Minggu (13/11/2022). Kali ini ada dua kelurahan yang dikunjungi Bupati, yaitu Kelurahan Mranti dan Kelurahan Paduroso.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast