Online User

Kami memiliki 5 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday281
mod_vvisit_counterYesterday296
mod_vvisit_counterThis week1219
mod_vvisit_counterThis month4868
mod_vvisit_counterAll243484
Optimis Pilkada 9 Desember 2020 PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Senin, 08 Juni 2020 08:30

Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 digelar melalui video conference (vicon), Jumat (5/6/2020). Vicon diikuti Menkopolhukam, Mendagri, DKPP, KPU, Bawaslu, serta Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang daerahnya akan melangsungkan Pilkada Serentak.

 

Pertemuan jarak jauh tersebut membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada di sembilan provinsi dan 270 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Purworejo.

Di Command Center Kebupaten Purworejo, vicon diikuti oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Sekda Drs Said Romadhon, Ketua KPU Dulrohim beserta komisioner KPU, Ketua Bawaslu Nur Kholiq, Kabag Pemerintahan Sri Setyowati SH MM serta Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP MM.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat vicon menjelaskan, sebelumnya hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada tanggal 27 Mei 2020 bersama Komisi II DPR RI dan Penyelenggara Pemilu telah menyepakati pemungutan suara Pilkada Serentak untuk dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Tito menjelaskan, alasan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 karena tidak ada yang dapat menjamin kapan berakhirnya pandemi Corona atau Covid-19 di Tanah Air.

Jika melihat data pemilu negara lain, dari 21 Februari hingga 25 Mei setidaknya ada 92 negara yang telah melaksanakan pemilu sesuai dengan jadwal. Semua negara yang menyelenggarakan  pemilu menerapkan protokol standar Covid-19.

“Hampir semua negara pemilunya on schedule dengan menerapkan protokol Covid-19, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan atau hand sanitizer, kampanye melalui virtual. Kita termasuk negara yang terakhir melaksanakan pemilu,” kata Tito.

Untuk itu, KPU diminta optimis untuk menggelar Pilkada Serentak digelar pada 9 Desember 2020 dan membuat protokol standar Covid-19. KPU juga diminta mulai menjalankan tahapan Pilkada selanjutnya pada tanggal 15 Juni 2020.

Tito menambahkan, pelaksanaan Pilkada Serentak yang harus memperhatikan protokol kesehatan juga akan berefek pada kebutuhan anggaran tambahan. Untuk itu KPU, Bawaslu dan DKPP untuk mengajukan usulan tambahan anggaran. Namun sebelum usulan tambahan anggaran, perlu dilakukan rasionalisasi anggaran yang tidak dapat digunakan karena Covid-19.

“Kita semua akan menjadi pelaku sejarah, karena dari tahun 1945 kita belum pernah mengalami Pemilu yang ada wabah disemua provinsi. Tantangannya adalah bagaimana kita bisa melaksanakan Pemilu ini berlangsung lancar, tanpa konflik, kualitas demokrasi yang baik dan tetap aman dari Covid-19,” imbuhnya.

Bupati Agus Bastian usai vicon menyatakan siap mendukung KPU dan penyelenggaran pemilu untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

Jika nantinya alokasi penyesuaian Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) belum mencukupi, Pemkab siap membantu melalui optimlisasi sarana dan prasaran yang ada.

 

Berita Pilihan

Rapat Koordinasi Perumusan Strategi Efektifitas Tim Pelaksana Kegiatan

Bagian Organisasi Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Perumusan Strategi Efektifitas Tim Pelaksana Kegiatan pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2022 di Ruang Kerja Sekretaris Daerah. Acara yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Drs Said Romadhon ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Rapat koordinasi dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum, Inspektur, Kepala Bappedalitbang, Kepala BPKPAD, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan serta Kepala Bagian Organisasi.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast