Online User

Kami memiliki 10 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday250
mod_vvisit_counterYesterday359
mod_vvisit_counterThis week1345
mod_vvisit_counterThis month8416
mod_vvisit_counterAll237329
Stok Pangan Cukup Hingga Romadhon Dan Idhul Fitri PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Kamis, 16 Mei 2019 14:16

Pemerintah Kabupaten Purworejo memastikan stok pangan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat diwilayah Kabupaten Purworejo, utamanya pada kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) bulan puasa Ramadhan sampai dengan Hari Raya Idhul Fitri 1440/2019 Hijriyah. Stok pangan terdiri bahan pangan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telor, daging sapi, daging ayam, tepung terigu, susu, garam, hingga LPG 3 kilogram.

Hal tersebut dipaparkan Kabag Perekonomian Setda Drs Bambang Susilo pada Rapat koordinasi (Rakor) persiapan Ramadhan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (2/5). Rakor dibuka Sekda Drs Said Romadhon, yang juga dihadiri Forkopimda, Ketua FKUB, Danramil, Kapolsek, Tokoh agama, dan dinas instansi terkait.

Lebih lanjut Bambang Susilo menjelaskan, beras premium stoknya ada 18.708 ton, sedangkan stok beras di gudang Dolog Butuh sebanyak 1.265,18 ton. Gula pasir stok 26.400 kg, minyak goreng curah  stok 3.564 liter. Telur stok 3.905 kg, Susu stok 3 ton, Ayam potong stok 250 ton, gula kelapa stok 18.042,68 kg, kopi stok 194 ton, cabe besar stok 177 ton. LPG 3 kg stok 357.589 tabung per hari, dan akan diusulkan penambahan stok 4 - 6 persen. “Diingatkan kembali untuk LPG 3 kg tidak boleh digunakan jajaran ASN, karena LPG 3 kg bersubsidi untuk warga kurang mampu,” ujarnya.

Menurut Bambang, akan melakukan langkah stabilisasi barang Kepokmas menjelang ramadan dan Hari raya Idhul Fitri. Yakni melakukan monitoring harga Kepokmas secara rutin, monitoring distribusi BBM BBG bersama instansi terkait, melaksanakan pasar murah sembako untuk masyarakat miskin bekerjasama dengan Dinperindag Provinsi Jawa Tengah. “Melaksanakan operasi pasar pada tgl 3 Mei terutama bawang putih untuk masyarakat dengan menambah stok 15 ton. Jika terjadi kekurangan komoditas bahan pokok, maka akan bekerjasama dengan Dolog/instansi terkait melaksankan operasi pasar dan menambah sebesar 20 persen,” jelasnya.

Sekda Drs Said Romadhon mengharapkan, pada Ramadhan dan Idul Fitri  dimasyarakat kita sangat melekat dengan tradisi mudik dan silaturahmi. Bahkan melibatkan hampir seluruh komponen masyarakat dengan berbagai aspek di dalamnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai langkah persiapan, agar momentum tersebut bisa dilaksanakan dengan baik. Kita harus berupaya menyukseskan dengan persiapan yang matang, utamanya menyangkut ketersediaan sembako, keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas yang didukung sarana transportasi dan  berbagai aspek terkait lainnya.

“Saya minta kepada semua pihak para pemangku kepentingan agar dapat mengoptimalkan kesiapannya dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri terutama pada H-7 hingga H+7. Juga agar memaksimalkan kesiapannya agar semua kebutuhan masyarakat selama mudik dan merayakan Lebaran, dapat terpenuhi dan terlayani dengan baik. Demikian juga kesiapan tindakan medis, untuk menyiagakan rumah sakit dan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Andis Taufani SH MH memaparkan tentang kesiapan keamanan lalu lintas menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Kegiatan yang telah dilakukan yakni operasi lalu lintas candi 2019 dengan sasaran pendisiplinan pengendara dalam berlalul lintas. Juga operasi cipta kondisi dengan sasaran penyakit masyarakat seperti opearsi miras, judi, narkoba, premanisme, prostitusi, dan pencaloan. Sedangkan rencananya akan digelar operasi ketupat candi dengan menerjunkan 324 personil Polisi yang akan bertugas di Pos-Pos Pam. Yakni Pos Pam 1 di Plaza, Pos Pam 2 di Pendowo Purwodadi, Pos Pam 3 Patwal, Pos Pam 4 di SMP 4 Ketawang, dan Pos Pam 5 di BRI Kutoarjo dan Stasiun Kutoarjo.

“Untuk jalur alternatif arus mudik maupun arus balik, yakni pengalihan arus dari arah Kebumen -Magelang supaya melalui simpang 3 Klepu Butuh ke utara lewat Pituruh. Sedangkan jalur alternatif dari Yogyakarta – Kebumen agar melalui Purwodadi – Ngombol - Grabag atau langusng mellaui jalan Deandeles. Terkait tempat istirahat, disipakan Rest area 2 tempat yakni di SAC Butuh dan Pos Perbatasan. Kami juga menyiapkan Polsek yang dillalui jalur mudik, untuk tempat istrahat. Untuk kesiapan yang lebih matang kami akan adakan rapat teknis dan pengecekan jalan bersama dengan dinas terkait,” papar Andis.

 

Berita Pilihan

Perumdam Tirta Perwitasari Purworejo Raih BUMD Award 2023

Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo meraih penghargaan Kategori Perumdam Kecil dalam ajang BUMD Award 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diberikan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri DR Agus Fatoni kepada Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, dalam acara Penganugerahan BUMD Award 2023 dan Rakor BUMD Seluruh Indonesia pada hari Jum’at (29/9/2023) di Jakarta. Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati didampingi Direktur Perumdam Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo ST MSi.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast