Online User

Kami memiliki 9 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday297
mod_vvisit_counterYesterday359
mod_vvisit_counterThis week1392
mod_vvisit_counterThis month8463
mod_vvisit_counterAll237376
Dubes Kroasia Berkunjung Ke Purworejo PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Senin, 04 Desember 2017 07:56

Duta Besar (Dubes) Kroasia untuk Indonesia Mr Drazen Margeta berkunjung ke Kabupaten Purworejo, Jum’at siang (24/11). Ia hadir dalam rangka memenuhi undangan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, untuk melihat secara langsung potensi yang ada di Kabupaten Purworejo. Bertempat di Ruang Pringgitan Rumah Dinas Bupati Purworejo, Mr Drazen Margeta diterima oleh Bupati didampingi Sekda Purworejo dan beberapa Pejabat OPD.

Kunjungan tersebut juga dalam rangka persiapan kunjungan kerja lima orang Delegasi dari Kabupaten Purworejo ke Kroasia Minggu esok. Kelima orang Delegasi tersebut yakni Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi Mulyono, Wakil Ketua DPRD Purworejo Yopi Prabowo SH, Sekda Purworejo Drs Said Romadhon dan Tursiwan Mahardika selaku petinggi Kadin yang membidangi urusan kerjasama luar negeri.

Bupati Purworejo menjelaskan, dirinya bersama delegasi lainnya akan berkunjung ke Kroasia dalam rangka untuk menjalin kerjasama. Kerjasama yang dilakukan antara lain, kerjasama dibidang pendidikan aplikatif seperti Informasi dan Teknologi (IT), digital forensic, cyber security dan pendidikan fokasi kemaritiman.

“Kami pergi bukan untuk membuang-buang uang rakyat, saya ingin kujungan kita keluar negeri ini nanti ada manfaatnya. Saya tidak ingin pergi-pergi gak ada hasilnya,” kata Bupati.

Bupati Agus menambahkan, selain untuk menjalin kerjasama delegasi juga akan mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Purworejo, seperti CVO, gula semut dan sebagainya. Sepengatahuannya, Kroasia memang membutuhkan produk-produk yang ada di Kabupaten Purworejo.

“Saya berharap kerjasama yang akan dilakukan dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak,” imbuhnya.

Sementara itu, Mr Drazen Margeta dalam sambutannya yang telah diterjemahkan oleh Tursiwan menjelaskan kenapa harus memilih Kroasia. Pertama karena Kroasia merupakan anggota dari Uni eropa. Kerjasama dengan Kroasia membawa peluang untuk memasarkan produk-produk Purworejo ke seluruh Uni Eropa.

“Selain itu apabila akan mengirim barang ekspor menggunakan kapal, mengirim ke pelabuhan Kroasia akan lebih cepat 12 hari lebih efisien dibanding mengirim ke pelabuhan tradisional di Rotherdam dan Hamburg,” terang Drazen.

Drazen menambahkan, dirinya telah mempersiapkan agar delegasi dari Purworejo dapat bertemu dengan para pimpinan perusahaan yang terkenal di Eropa untuk menyerap produk Purworejo. Nantinya juga akan dilakukan transfer pengetahuan di bidang teknologi dengan perusahaan IT dan Digital Forensik yang terkemuka di Dunia yang berbasis di Kroasia.

“Harapan dari kujungan besok adalah kerjasama antar kota atau wilayah bisa dilakukan, agar kerjasama dapat berkesinambungan,” tambahnya.

Usai berdialog, Mr Drazen Margeta didampingi bupati melihat stand berbagai produk UMKM unggulan dari Purworejo. Mr Drazen Margeta juga menyempatkan diri untuk melihat langsung produksi gula semut ke Pabrik Gula Kristal Srikandi.

 

Berita Pilihan

ASN dan Aparat Pemerintah Desa/Kelurahan Diminta Jadi Teladan Prokes

Usai Presiden mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 mulai 3 hingga 9 Agustus 2021 dan menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021,  Bupati Purworejo R.H. Agus Bastian, S.E., M.M.  mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 5250 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Purworejo.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast