Online User

Kami memiliki 4 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday386
mod_vvisit_counterYesterday359
mod_vvisit_counterThis week1481
mod_vvisit_counterThis month8552
mod_vvisit_counterAll237465
Wakil Bupati Purworejo Hadiri Khaul KRT Suratman Joyowinoto PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Senin, 20 Maret 2023 15:54

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka Khaul KRT Suratman Joyowinoto di Masjid Darussalam Krajan Tridadi Loano pada hari Kamis (16/3/2023). Hadir sebagai pembicara utama KH Romli Hasan Lc dari Purwodadi.

Wakil Bupati Yuli Hastuti dalam sambutannya mengatakan, tradisi umat Islam memperingati hari wafat (haul) orang-orang alim dan saleh dapat dijadikan salah satu acuan solusi dalam upaya menjawab krisis keteladanan moral yang saat ini sedang melanda bangsa Indonesia.

 

Melalui majelis haul inilah kebaikan atau kesalehan seseorang diungkap kembali, sehingga tidak terasa dapat mengobati kerinduan masyarakat yang kini semakin sulit menemukan keteladanan dalam kehidupan sehari-harinya.

"Saya berharap adanya kegiatan Haul KRT Suratman Joyowinoto ini, disamping untuk mengenang apa yang telah diberikan almarhum kepada anak cucu dan masyarakat, juga dijadikan sebagai suri tauladan bagi kita semua," katanya.

Selain itu, lanjut Wakil Bupati, dengan acara ini diharapkan akan semakin memupuk rasa penghormatan terhadap para leluhur kita yang telah banyak meninggalkan kebajikan baik bagi keluarga maupun bagi masyarakat.

Menurutnya, haul yang diisi dengan pengajian dan berbagai bentuk majelis taklim lainnya merupakan sarana efektif untuk lebih mendekatkan diri serta meningkatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selain itu, diharapkan dapat memperlancar komunikasi dalam sebuah kerangka silaturahmi yang semakin erat antara berbagai komponen dan potensi umat Islam, sehingga mampu memperkokoh Ukhuwah Islamiyah.

"Kami di jajaran pemerintah daerah sangat bersyukur bahwa sampai hari ini kehidupan masyarakat Purworejo yang heterogen bisa terjaga dengan baik, toleransi antar umat beragama sangat harmonis dan saling hormat menghormati. Kesemuanya ini tidak lepas dari peran ulama dan tokoh agama, serta kesadaran umat beragama dalam menjaga suasana yang kondusif di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Terakhir diperbarui pada Senin, 20 Maret 2023 15:55
 

Berita Pilihan

Pjs Bupati Suport Wakil Purworejio Di MTQ Nasional

Pjs Bupati Ir Yuni Astuti MA mensuport dan merestui Muhammad Husain Fahrudin (19) yang akan maju lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional di Padang Provinsi Sumatra Barat. “Saya trenyuh dan bangga anak muda sebagai generasi penerus bangsa berprestasi. Seperti Fahrudin ini hafal Alquran, yang akan mewakili Kabupaten Purworejo sekaligus mewakili Provinsi Jawa Tengah,” tandas Yuni Astuti.

Hal itu diungkapkan Yuni Astuti saat menerima Muhammad Husain Fahrudin di rumah dinas PJs bupati pada Minggu malam (8/11). Tampak mendampingi Kabag Kesra Drs Faturahman MM dan perwakilan Kemenag serta orang tua M Husain.

Pada kesempatan itu, Yuni Astuti juga meminta M Husain mempraktekkan dua ayat hafalan Alquran. Tentu dengan hafal Alquran, sedikit banyak juga memahami artinya. “Saya ingin, hafalan Alquran tidak hanya untuk diri sendiri, namun bisa diamalkan dan disyiarkan untuk didakwahkan kepada semua umat, sehingga manfaatnya berlipat,” tuturnya.

Menurut Yuni Astuti, ini sudah capaian yang luar biasa untuk bisa maju tingkat nasional. Diharapkan dapat menginspirasi para pemuda-pemudi yang lain di Kabupaten Purworejo untuk bisa berprestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.  “Saya sangat menghargai upaya yang telah dilakukan M Husain. Teriring doa nanti saat pelaksanaannya bisa lancar dan alhamdulilah jika nanti meraih juara. Selamat berjuang yang membawa nama harum Kabupaten Purworejo dan Provinsi Jawa Tengah,” tuturnya.

Yuni Astuti mengingatkan, pada masa pandemic covid-19 ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan  dengan 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan pakai sabun. Termasuk pula menjaga kesehatan dan mental supaya pada saatnya lomba kondisi benar-benar baik.

Sementara itu M Husain Fahrudin yang akrab dipanggil Husain sangat bersyukur bisa berpamitan dan direstui serta didoakan PJs Bupati Yuni Astuti, sehingga semakin menambah semangat untuk berlaga di Padang Sumatra Barat. Husain yang merupakan putra dari pasangan Soroso (71) dan Umi Nur Hasanah tinggal di Kelurahan Baledono Ngentak RT 02 RW 04 Kecamatan Purworejo itu, lulus sekolah tahun 2019 di Madrasah Aliyah yang juga Pondok Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang. Bahkan di tahun lalu Husain berprestasi mewakili Provinsi Jawa Tengah sebagai juara 2 tingkat nasional lomba STQ cabang hafalan hadist di Pontianak.

Husain yang ingin melanjutkan perguruan tinggi di universitas Arab Saudi itu, mengaku akan terus mendalami Alquran sesuai arahan Bu Yuni Astuti terutama dalam lomba MTQ untuk mempersiapkan dengan baik. “Alhamdulilah selain dilatih dari provinsi dan kabupaten, saya juga terus berlatih sendiri. Mohon doanya agar dapat berjalan dengan lancar. Terkait Pendidikan, saya mencoba mendaftar jalur beasiswa di Arab Saudi dan sekarang masih menunggu penguman,” ujar husain.

Kabag Kesra Faturahman menjelaskan, lomba MTQ tingkat nasional yang dilombakan yakni cabang hafalan 20 jus Alquran. Pelaksanaannya selama 10 hari dari mulai 12 – 21 Nopember mendatang.  Untuk pembinaan dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast