Online User

Kami memiliki 5 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday94
mod_vvisit_counterYesterday104
mod_vvisit_counterThis week295
mod_vvisit_counterThis month2934
mod_vvisit_counterAll136003
Ditya-Argya Terpilih Jadi Duta GenRe Purworejo PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Kamis, 23 Juni 2022 16:19

Peran generasi muda dalam pembangunan daerah maupun pembangunan nasional sangatlah penting dan strategis. Karena enerasi muda  merupakan aset sumber daya manusia, yang nantinya akan menjadi turbin penggerak pembangunan, untuk membawa kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH dalam acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Purworejo Tahun 2022 pada hari Rabu (22/6/2022). Dalam acara yang dipusatkan di Pendopo Bupati Purworejo tersebut hadir pula Kepala Dinsosdaldukkb Ahmat Jainudin SIP, dewan juri, para PLKB Se-Kabupaten Purworejo, instansi terkait serta para finalis Duta GenRe tahun 2022.

 

Dikatakan Wakil Bupati, untuk menyiapkan generasi emas berkualitas perlu diawali dengan pembinaan remaja, salah satunya melalui program GenRe (Generasi Berencana), yang diimplementasikan melalui pemberdayaan teman sebaya dan penguatan pengasuhan keluarga. Duta Genre merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman kedewasaan usia perkawinan.

"Pemilihan Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri sebagai role model dan motivator di kalangan generasi muda, yang nantinya berperan memberikan wawasan tentang  kesehatan reproduksi  remaja,  bahaya  seks bebas, bahaya narkoba serta bahaya  HIV/AIDS," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Wabup, duta genre diharapkan juga mampu memberikan sosialisasi dan edukasi untuk pendewasaan usia pernikahan (PUP) dan persiapan menjadi orang tua hebat dengan menerapkan 8 fungsi keluarga. Duta Genre harus bisa menjawab tantangan Program Nasional yang saat ini menjadi program prioritas yaitu percepatan penurunan stunting.

"Pencegahan stunting diawali dari usia remaja / usia pra nikah dan idealnya usia nikah remaja putri adalah 21 tahun dan laki laki 25 tahun. Pada  usia pranikah  menjadi moment penting  dimana usia  ini sangat rawan dan rentan  sehingga perlu mendapat perhatian khusus pendampingan dan pembinaan," pungkasnya.

Sementara itu di akhir acara, telah didapat tiga besar untuk Duta GenRe putra dan putri berdasarkan akumulasi nilai para juri. Untuk putra, Aditya Candra Wijaya dengan poin 497 di tetapkan sebagai peringkat pertama, disusul oleh Arga Teja Bimantara 487 poin dan M Nur Rohman dengan 477 poin. Sementara untuk putri, Argya Margaretha mendapat 506 poin di peringkat 1, diikuti oleh Sekar Alifia dan Maria Khansa di peringkat kedua dan ketiga dengan 498 serta 481 poin.

Terakhir diperbarui pada Kamis, 23 Juni 2022 16:21
 

Berita Pilihan

Rokok Ilegal Rugikan Negara Rp 8,2 Triliun

Dalam rangka sosialisasi aturan barang industri hasil tembakau, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo menggelar pementasan budaya wayang kulit secara virtual yang disiarkan dari kantor Satpol PP Damkar pada hari Kamis, 29 Oktober 2021. Hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi dan Kesra Drs Pram Prasetya Achmad MM yang mewakili Bupati Purworejo, Plt Kepala Satpol PP Damkar Budi Wibowo SSos Msi, Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama Siswanto yang mewakili Kepala Kantor Bea Cukai Magelang, para camat dan unsur terkait lainnya.

Hakcipta © 2022 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast