Online User

Kami memiliki 3 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday104
mod_vvisit_counterThis week294
mod_vvisit_counterThis month2933
mod_vvisit_counterAll136001
Purworejo Belajar BPHTB ke Malang PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Kamis, 23 Juni 2022 09:04

Untuk lebih memaksimalkan pendapatan dan pengelelolaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pemerintah Kabupaten Purworejo melakukan study ke Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur pada hari Senin (20/6/2022). Turut serta dalam rombongan diantaranya Sekretaris Daerah Drs Said Romadhon, Kepala BPKPAD Agus Ari Setiadi SSos, Kabag Prokopim Rita Purnama SSTP MM, serta para notaris yang tergabung dalam IPPAT. Kunjungan ini sendiri diterima langsung oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kota Batu, Kepala Bapenda Kota Batu dan Ketua IPPAT Kota Batu.

Sekda Said Romadhon mengatakan bahwa BPHTB  merupakan pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan. Pungutan ini ditanggung oleh pembeli dan hampir mirip dengan PPh bagi penjual. Sehingga pihak penjual dan pembeli sama-sama memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak.

 

Dikatakan, tujuan dari kunjungan ini adalah  selain untuk mencari strategi bagaimana pendapatan dari BPHTB dapat meningkat, juga untuk saling sharing bagaimana upaya membangun sinergitas antara pemerintah dengan IPPAT. "BPHTB merupakan pendapatan tertinggi kedua di Kabupaten Purworejo setelah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Tahun 2022 Kabupaten Purworejo menargetkan 20 milyar pendapatan dari BPHTB. Oleh karenanya ini penting untuk menumbuhkan fiskal daerah," katanya.

Sementara itu Kepala Bapenda Kota Batu Dra Dyah Lies Tina Purwanty mengatakan, perolehan BPHTB Kota Batu meningkat dalam 3 tahun ini setelah mengimplementasikan teknologi digital melalui E-BPHTB. Yaitu sistem online secara host to host yang menghubungkan antara Bapenda, KPP Pratama, Badan Pertanahan Nasional dan Bank Jatim Kota Batu. Hasilnya, Tahun 2021 BPHTB Kota Batu meningkat Rp 39,7 miliar dibanding Tahun 2020.

"Pencapaian yang sangat membanggakan ini tidak lain karena adanya sinergitas yang baik antar pemangku kepentingan yaitu Pemerintah Kota Batu, KPP Pratama Kota Batu, Badan Pertanahan Nasional Kota Batu, Bank Jatim Kota Batu dan juga Pejabat Pembuat Akta Tanah," ungkapnya.

Terakhir diperbarui pada Kamis, 23 Juni 2022 09:07
 

Berita Pilihan

Peresmian Rusun Vanlar dan Mapolsek Purwodadi Dihadiri Kapolda

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menghadiri acara peresmian Rusun SBSN Vanlaar dan Mapolsek Purwodadi serta Launching Program Omah Bhabin milik Polres Purworejo.  Acara yang dipusatkan di Rusun SBSN Vanlaar pada hari Selasa, 4 Januari 2021 tersebut, dihadiri  Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Lutfi SH SST MK, Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi SIK MM, Forkipimda, pejabat di jajaran Polda Jateng dan Polres Purworejo, serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Hakcipta © 2022 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast