Online User

Kami memiliki 7 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday91
mod_vvisit_counterYesterday104
mod_vvisit_counterThis week292
mod_vvisit_counterThis month2931
mod_vvisit_counterAll136000
HUT ke-71 IBI, Wakil Bupati Akui Peran Penting Bidan PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Selasa, 21 Juni 2022 09:36

Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Peran tersebut sangat penting, mengingat status kesehatan ibu sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH pada peringatan HUT ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sekaligus Rakercab IBI Kabupaten Purworejo, di Hotel Plaza, Jum’at (17/6/2022). Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan  dr Sudarmi MM , Ketua Pengurus IBI Jawa Tengah Hj Sumarsih SSiT MH, Ketua Pengurus IBI Cabang Purworejo Marjiyah SKM MM, dan anggota IBI.

 

Oleh karena itu menurut Wakil Bupati, bidan harus senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat agar dapat selalu tanggap dan peka sosial terhadap berbagai masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Sinergitas antara bidan dengan stakeholders terkait, merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan.

“Selain itu, saya sangat  menaruh harapan besar kepada para bidan di Kabupaten Purworejo untuk  meningkatkan kompetensinya, sehingga senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas serta melakukan koordinasi yang intensif dengan semua pihak, “ pesannya.

Ketua Pengurus IBI Jawa Tengah mengungkapkan, dalam UU Kebidanan Nomor 4 Tahun 2019 , nantinya praktek mandiri bidan yg tadinya bisa dilaksanakan oleh bidan vokasi nantinya harus sudah berpendidikan profesi. Oleh karena itu bidan yamg akan praktek mandiri sudah mulai mengikuti pendidikan profesi.

“Ada 33.400 bidan di Jawa Tengah, 5.114 diantaranya masih tenaga honorer. Harapan kami supaya bidan honorer bisa diangkat menjadi ASN/PPPK supaya meningkatkan kesejahteran bidan,” katanya.

Sementara Marjiyah mengatakan bahwa tugas pokok fungsi bidan adalah membantu pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi/balita dan angka stunting. Di Kabupaten Purworejo anggota IBI ada 791 orang namun yang aktif 735 orang, tersebar di tujuh ranting baik yang bekerja di pemerintah, swasta maupun praktek mandiri.

Terakhir diperbarui pada Selasa, 21 Juni 2022 09:40
 

Berita Pilihan

Inspektorat Serahkan Reviu Atas LPPD 2018

 

Inspektorat Kabupaten Purworejo telah melakukan reviu atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Purworejo Akhir Tahun Anggaran 2018 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Hasil reviu telah disampaikan oleh Inspektorat kepada Bagian Pemerintahan Setda.

Hakcipta © 2022 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast