Online User

Kami memiliki 13 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday157
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week1664
mod_vvisit_counterThis month8735
mod_vvisit_counterAll237648
Wakil Bupati Buka Rembug Stunting dan Kukuhkan TPPS PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Senin, 20 Juni 2022 14:02

Menindak lanjuti Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting, Pemerintah Kabupaten Purworejo terus melakukan langkah - langkah strategis guna mengupayakan penurunan angka stunting di Kabupaten Purworejo. Salah satunya, Pemkab Purworejo menggelar acara Rembug Stunting dan Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Purworejo Tahun 2022 di Pendopo Bupati Purworejo pada hari Kamis (16/6/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Perwakilan Forkopimda, kepala instansi terkait, camat, kepala puskesmas dan pimpinan perguruan tinggi di Kabupaten Purworejo. Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam upaya percepatan penurunan stunting oleh Forkopimda dan Perangkat Daerah terkait.

 

Wakil Bupati Yuli Hastuti dalam arahanya mengatakan, dirinya sangat menyambut baik kegiatan “Rembuk Stunting Kabupaten Purworejo Tahun 2022” dan menyampaikan terima kasih kepada stakeholders terkait, yang telah melaksanakan berbagai upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Purworejo.

“Salah satu indikator RPJMN 2020-2024 adalah penurunan prevalensi stunting menjadi 14% di tahun 2024. Indikator dan penetapan target ini selaras dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk memenuhi Tujuan Pembangunan Berkesinambungan (Sustainable Development Goals)," ungkapnya.

Dikatakan, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi stunting di Kabupaten Purworejo  sebesar 23,33 %, berdasar SSGI 2021 sebesar 15,7% dan berdasarkan surveilans PPGBM 2021 sebesar 11,81%.

“Mempertimbangkan waktu yang tersisa untuk mencapai target nasional 14% di tahun 2024, penurunan daya beli masyarakat akibat kehilangan pekerjaan dan pembatasan sosial di era pandemi Covid-19 serta kontraksi APBN dan APBD, maka diperlukan reorientasi program yang mengarah pada pencegahan lahirnya balita stunting tanpa mengesampingkan program dan intervensi balita stunting,” jelasnya.

Menurut Wakil Bupati, perencanaan dan penganggaran tahun anggaran 2022 di kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan desa telah ditetapkan. Bahkan Januari 2022 sudah dimulai analisis situasi 8 (delapan) aksi konvergensi di seluruh kabupaten dan kota, termasuk Kabupaten Purworejo untuk perencanaan tahun anggaran 2023.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk  menyusun dan melaksanakan  prioritas rencana kegiatan berbasis data dan fakta, serta bermuara  pada konvergensi riil layanan di tingkat keluarga atau kelompok sasaran," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM menjelaskan bahwa Rembug Stunting dimaksudkan untuk menyepakati titik letak lokasi prioritas percepatan penurunan stunting terintegrasi tahun 2023. Selain itu untuk menyepakati kebutuhan pendanaan, memastikan komitmen OPD terkait yang akan dituangkan dalam Renja tahun 2023 serta memastikan peningkatan anggaran APBDes tahun 2023 bagi desa yang akan ditetapkan sebagai prioritas penurunan angka stunting.

"Harapanya nanti komitmen yang sudah disepakati bersama di setiap tingkatan akan membuahkan rencana kegiatan intervensi spesifik, intervensi sensitif terintegrasi percepatan penurunan stunting agar dimuat dalam RKPD/Renja tahun 2023. Ini perlu kerja lintas sektor, jadi tepat sekali tema nya yaitu Kito Broyo, Stunting Lungo, Purworejo Mulyo," katanya.

Terakhir diperbarui pada Senin, 20 Juni 2022 14:33
 

Berita Pilihan

Rencana Revitalisasi Gedung Wanita Dipaparkan

 

Revitalisasi Gedung Wanita merupakan salah satu hajat besar Pemerintah Kabupaten Purworejo pada Tahun Anggaran 2019 ini. Berkaitan dengan hal ini, telah dilaksanakan Paparan Hasil Pelaksanaan Proses Pemilihan Penyedia Paket Pekerjaan Konstruksi Revitalisasi Gedung Wanita.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Free Joomla Templates by Hosting Beast