Online User

Kami memiliki 6 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday94
mod_vvisit_counterYesterday104
mod_vvisit_counterThis week295
mod_vvisit_counterThis month2934
mod_vvisit_counterAll136003
Pemkab Purworejo Gelar Rakor Percepatan P3DN dan Pengadaan Barang/Jasa. PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Senin, 20 Juni 2022 10:23

Pemkab Purworejo melalui Bagian Barang/Jasa dan Bagian Pembangunan Setda menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Pengadaan Barang/Jasa Perangkat Daerah Kabupaten Purworejo, Selasa (14/6/2022). Acara dibuka Sekda Drs Said Romadhon dan hadiri PA dan PPKom Perangkat Daerah.

Sekda mengatakan, dalam rangka percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, telah diterbitkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022.

Dalam Inpres tersebut diinstruksikan antara lain agar Pemerintah merencanakan, mengalokasikan, dan merealisasikan paling sedikit 40%  nilai anggaran belanja barang/jasa untuk menggunakan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.

Selain itu juga mendukung pencapaian target belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 paling sedikit Rp 400 triliun untuk produk dalam negeri dengan prioritas produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi.

“Kita harus terus melakukan perbaikan penyelenggaraan pemerintah dan kinerja. Pak Jokowi dalam Rakornas juga menekankan jika P3DN harus berhasil. Ini juga sebagai bagian dari syarat APBD dievaluasi, baik di APBD perubahan maupun di APBD 2023,” katanya.

Dirinya berharap rapat koordinasi ini benar-benar dapat menjadi wahana untuk mengkoordinasikan dan memantapkan langkah, dalam rangka menindaklanjuti dan menyukseskan program pemerintah pusat.

Terkait dengan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, selama ini ada beberapa permasalahan yang terjadi. Diantaranya keterlambatan penetapan dan pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada aplikasi SIRUP.

Juga terjadi keterlambatan penetapan dan pengumuman RUP pada aplikasi, keterlambatan penyusunan dokumen Rencana Pemilihan Penyedia (RPP) yang disebabkan keterlambatan mekanisme penganggaran khususnya pada DAK.

Selain itu juga ada keterlambatan PPK memasukan dokumen RPP atau Revisi Dokumen RPP hasil kaji ulang ke UKPBJ baik fisik dan melalui sistem SPSE menyebabkan UKPBJ tidak bisa segera memproses tender.

“Terkait PA dan PPKom, kami pesan sudah tidak ada remidi lagi. Saya mohon kepada PA dan PPKom, pengawasan semua pekerjaan harus ketat. Harus dicek betul pekerjaannya,” imbuhnya.

 

 

Berita Pilihan

Pemkab Komitmen Jamin Keamanan Idhul Fitri

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menegaskan, Pemerintah Kabupaten berkomitmen untuk menjamin keamanan masyarakat selama merayakan Idhul Fitri 1440 Hijriyah. Pihaknya berharap masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan nyaman. Selain masyarakat Purworejo sendiri juga perantau banyak yang pulang ke Purworejo untuk berkumpul dengan keluarga. Tentu momen tahunan ini harus kita jaga bersama, sehingga Purworejo tetap menjadi daerah yang kondusif.

Hakcipta © 2022 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast