Online User

Kami memiliki 15 Tamu online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday114
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week1621
mod_vvisit_counterThis month8692
mod_vvisit_counterAll237605
PLN Berikan Sambung Listrik Gratis bagi 58 Calon Pelanggan PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo   
Selasa, 24 Mei 2022 09:19

Dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-77, PLN UP3 Magelang memberikan bantuan sambung listrik gratis bagi 58 calon pelanggan di Kabupaten Purworejo. Secara simbolis dilakukan penyalaan listrik di rumah salah satu pelanggan yaitu Hendro Prasetyo warga Kelurahan Keseneng Kecamatan Purworejo pada hari Kamis (19/05/2022). Hadir mewakili Bupati Purworejo dalam acara tersebut Asisten Perekonomian dan pembangunan Drs Boedi Hardjono, Manager UP3 Magelang Yunarsih, Manager UP3 PLN Rayon Kutoarjo dan Purworejo serta penerima bantuan.

Drs Boedi Hardjono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PLN yang telah memberikan bantuan berupa pemasangan listrik gratis bagi masyarakat Purworejo.  Dikatakan, dalam era modern seperti sekarang ini, listrik merupakan sarana vital yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi setiap aktivitasnya.

 

Bahkan bisa dikatakan bahwa hampir semua aktivitas manusia membutuhkan energi listrik, sehingga tanpa listrik manusia nyaris tak bisa berbuat apa-apa. “Kita semua pasti merasakan ya, kalau pas mati listrik lalu tidak ada lilin atau lampu emergency akan sangat terasa sekali betapa pentingnya aliran listrik dalam kehidupan kita,” katanya.

Namun di era serba listrik ini, lanjut Boedi Hardjono, ada hal yang membuatnya prihatin karena ternyata masih ada warga masyarakat kita yang belum menikmati aliran listrik di rumahnya. Penyebabnya bisa jadi karena memang lokasinya sangat terpencil (remote area) sehingga belum terjangkau jaringan listrik, atau karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan untuk memasang instalasi listrik dan membayar abonemen setiap bulannya.

Menurutnya, bantuan sambung listrik gratis PLN ini tentu sangat membantu masyarakat yang belum ter-akses listrik, sehingga Pemerintah juga terus mendorong kelangsungan program tersebut. Mudah-mudahan melalui bantuan sambung listrik gratis, daerah-daerah yang masuk kategori remote area apalagi yang warganya kurang mampu, bisa dipenuhi kebutuhan listriknya.

“Kami juga telah menginstruksikan kepada para Camat untuk mendata berapa jumlah warganya yang belum menerima aliran listrik di daerahnya, sehigga pemetaan nya menjadi jelas untuk selanjutnya kita upayakan bersama,” jelas Boedi.

Sementara itu Yunarsih menjelaskan bahwa memang belum semua masyarakat Kabupaten Purworejo menerima aliran listrik. Hal itu juga dialami oleh daerah lain bahkan di kawasan perkotaan. Menurutnya, PLN mempunyai target 150 rumah yang akan menerima pemasangan listrik gratis. Jumlah tersebut terdapat di beberapa daerah seperti Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Saat ini dari 58 penerima bantuan sudah terealisasi atau tersambung sebanyak 46 rumah dan sisanya terus diupayakan setiap harinya.

“Selain dari sisi kepedulian agar masyarakat dapat menggunakan aliran listrik secara aman dan nyaman, tujuan adanya program ini juga di latar belakangi  rasio elektrifikasi di kabupaten purworejo belum 100%, ya kurang lebih masih di kisaran angka 98 %. Para penerima bantuan masing-masing mendapatkan aliran listrik dengan daya 450 VA. Dan semua penerima itu masuk dalam DTKS yang ada di Kementerian Sosial, yang proses pengusulannya bisa melalui desa/kelurahan, para petugas kami di lapangan maupun hasil usulan dari ESDM,” ungkapnya.

Terakhir diperbarui pada Selasa, 24 Mei 2022 09:29
 

Berita Pilihan

Wakil Bupati Apresiasi Kontribusi Muslimat NU

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Muslimat NU, atas kontribusinya  ikut serta dalam membangun bangsa, meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta untuk memajukan peran dan derajat perempuan Indonesia.

Hakcipta © 2024 Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.

Joomla Templates by Hosting Beast